Menparekraf Berkomitmen Dukung Program Wisata Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

- 21 Mei 2024, 21:40 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Politikus Sandiaga Salahuddin Uno (Tangkap Layar Ig@sandiuno)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Politikus Sandiaga Salahuddin Uno (Tangkap Layar Ig@sandiuno) /

SUARA TERNATE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno atas nama pemerintah berkomitmen untuk mendukung program dan event dalam pengembangan wisata ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan pers, Selasa, 21 Mei 2024.

“Tren pariwisata pascapandemi bergerak dari quantity tourism menjadi quality tourism yang fokusnya sustainability dan salah satunya adalah wisata air. Jadi wisata air ini menjadi salah satu yang akan kita kembangkan," tutur Menparekraf, seperti dikutip pada RRI, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sikapi Bergabung di Koalisi Prabowo Subianto, Adapun Ini Alasannya!

Adapun menurut Sandiaga, Indonesia memiliki berbagai jenis potensi wisata air seperti kawasan ekowisata mangrove, sungai dan danau. Untuk wisata danau, Indonesia memiliki 840 danau dengan tipologi yang sangat bervariasi. 

“Bahkan sejumlah danau yang ada telah menjadi atraksi wisata kelas dunia, kami banyak mendukung pelaksanaan event pariwisata. Seperti yang berlangsung di danau seperti Danau Toba dengan F1 Powerboat serta Aquabike Indonesia Championship 2024,” kata Menparekraf itu.

Meski begitu, Sandiaga Uno juga berharap kolaborasi antara pemerintah dengan berbagai pihak dalam pengelolaan SDA dapat berpotensi wisata air semakin baik. Khususnya melalui kepemimpinan Indonesia dalam penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 Bali. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi Diaspora Indonesia di Jepang Atas Kontribusi Memajukan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Presiden (Joko Widodo) di acara pembukaan World Water Forum menyampaikan pentingnya kolaborasi. Kita harus bukan hanya menjadi water fighter tapi water warrior," ujar Sandiaga Uno.

Selanjutnya, Sandiaga Uno menilai keterlibatan anak-anak muda juga menjadi hal yang sangat penting dalam mengembangkan wisata yang berkelanjutan.

Untuk itu, WWF 2024 dia berharap dapat memberikan manfaat bagi para peserta yang hadir baik stakeholder, industri pariwisata dan pemerintah daerah. 

Baca Juga: Hadiri Peringatan Hari Film Nasional, Sandiaga Uno Ajak Sineas Berkarya Dengan Bahasa Daerah

“Semoga wisata air di Indonesia lebih optimal dan berkelanjutan. Sehingga memiliki daya saing global," pungkas Sandiaga Uno.

Editor: Randi Ishab

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah