Kemensos Siapkan Bansos Bagi Lansia, Anak Yatim Piatu dan Penyandang Disabilitas

- 17 September 2022, 21:47 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (setkab.go.id)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (setkab.go.id) /

SUARA TERNATE - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus kelompok lanjut usia (lansia), anak yatim dan penyandang disabilitas. BLT itu akan disalurkan pada Desember 2022.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan pihaknya mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rp400 miliar.

"Itu akan kami gunakan di bulan Desember," ujar Mensos dalam konpers bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (16/9/2022).

Berdasarkan data Kemensos, sebanyak 946.863 anak yatim piatu akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000. Pemerintah juga akan memberikan bantuan sosial kepada 334.011 lansia.

Lansia yang mendapatkan bantuan merupakan lansia tunggal yang telah berusia lebih dari 80 tahun.

"Ini yang baru, kami usulkan adalah lansia tunggal di atas usia 80 tahun yang tidak ada yang rawat jumlahnya ada 334.011 jiwa. Kita berikan makanan tiap hari uangnya bisa kita titipkan ke pak RT untuk mereka berikan makanan terutama lansia yang mereka tidak berdaya dan tidak ada keluarganya," jelasnya.

Baca Juga: Penasaran Apakah Anda Penerima BLT BBM Rp600 Ribu? Pastikan dengan Mengecek di cekbansos.kemensos.go.id

Sementara untuk penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan berjumlah 98.934 orang.

"Kemudian juga penyandang disabilitas, ini bulan Desember kita akan bagikan penyandang disabilitas itu 98.934 orang, jadi nilainya per harinya Rp21.000 untuk sesuai dengan jumlah harinya," katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Zamzami


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x