Butuh Dana Tunai Cepat Tanpa Ribet? Simak Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian

- 21 September 2022, 08:30 WIB
ilustrasi Harga Emas Antam Pegadaian Hari Ini
ilustrasi Harga Emas Antam Pegadaian Hari Ini /unsplash/

SUARA TERNATE - Mungkin Anda lagi butuh dana cash untuk membayar sesuatu. Jika punya emas, Anda bisa menggadaikannya di Pegadaian untuk mendapatkan pinjaman  dan menebusnya nanti. 

Pegadaian adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang usaha gadai. Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak seperti emas, kendaraan bermotor, elektronik, maupun barang gudang.

Menurut laman resmi Pegadaian, saat ini Pegadaian memiliki tiga unit usaha. Ketiga unit usaha itu adalah pembiayaan, emas, dan aneka jasa. Salah satu produk dan layanan Pegadaian sangat akrab di masyarakat adalah gadai emas.

Gadai Emas adalah pemberian kredit dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan emas, baik emas batangan maupun perhiasan.

Gadai Emas tersedia di lebih dari 4.000 outlet Pegadaian dan Aplikasi Pegadaian Digital.

Bagaimana cara gadai emas?

Nasabah yang ingin menggadaikan emasnya tinggal datang ke outlet Pegadaian terdekat. Jangan lupa membawa jaminan emas yang ingin digadaikan dan melengkapi persyaratan lainnya. 

Persyaratannya antara lain menunjukkan kartu identitas seperti KTP, menyerahkan barang jaminan berupa emas maupun berlian.

Setelah nasabah membawa syarat dan jaminan gadai emas, barang akan ditaksir  penaksir. Selanjutnya nasabah akan ditawarkan plafon uang pinjaman.

Halaman:

Editor: Ahmad Zamzami


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x