Respons Isu Pertalite Boros Usai Naik Harga, Kementerian ESDM Lakukan Uji Mutu

- 19 Oktober 2022, 22:21 WIB
Harga BBM non subsidi jenis Pertamax turun harga mulai 1 Oktober 2022, serta informasi terkait Pertalite. /ANTARA/HO-Pertamina
Harga BBM non subsidi jenis Pertamax turun harga mulai 1 Oktober 2022, serta informasi terkait Pertalite. /ANTARA/HO-Pertamina /

SUARA TERNATE - Pemerintah merespons isu yang menyebut Pertalite lebih boros pasca-harganya naik. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan uji sampel BBM dari sejumlah SPBU.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan sampel BBM khususnya Pertalite diambil dari beberapa SPBU diuji oleh LEMIGAS.

"Kita sudah mengukur mutu BBM dengan cara mengambil sampel dari beberapa SPBU dan itu masih berjalan terus. Fungsi kita memang melakukan pengawasan mutu," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dia menjelaskan pengujian Pertalite dilakukan secara teknis terkait standar dan mutu sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Hasilnya, kata dia, seluruh sampel Pertalite yang diuji LEMIGAS dinyatakan sesuai spesifikasi, bernilai RON 90.

"Kita uji di LEMIGAS dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan ternyata dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on spec. Tidak ada yang off spec," ujar Tutuka menegaskan, dikutip dari situs ESDM, Rabu 19 Oktober 2022.

Dia memastikan pemerintah akan terus menguji mutu BBM dari sejumlah SPBU lainnya dan akan disampaikan hasilnya kepada masyarakat.

"Masyarakat yang memberikan masukan itu kita dengarkan dan kita cek informasinya, kita validasi. Fungsi kita sebagai pengawasan, tetap kita jalankan. Nanti akan kita sampaikan lagi apa hasil dari sampel yang diambil dari SPBU-SPBU itu," katanya.

Baca Juga: Aksi Sopir Truk Pengangkut Sembako Lintas Halmahera Mogok Operasi di Pelabuhan Ferry Ternate

Halaman:

Editor: Ahmad Zamzami


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah