Ingin Kuasai Pasar Asia, Harga Jual Tesla di Mulai Dipotong

- 9 Januari 2023, 11:44 WIB
Tesla Model Y mobil terbaru terlaris bulan September 2022 di Eropa
Tesla Model Y mobil terbaru terlaris bulan September 2022 di Eropa /Dok. Tesla/


SUARA TERNATE - Perusahaan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla mulai mempertimbangkan ceruk pasar kendaraan roda empat di Asia. Tiga negara yang jadi sasaran yaitu China, Jepang, dan Australia.

Tesla akan melakukan pemotongan harga jual. Indikasinya mulai terlihat selama kurun 3 bulan terakhir, Tesla telah dua kali melakukan pemotongan harga.

Adapun potongan harga itu berlaku untuk Tesla pada model Y dan Model 3, alias model mobil listrik yang paling laris terjual.

Menurut seorang blogger otomotif di China, potongan harga dari Tesla terbilang cukup agresif.

Pasalnya, produsen mobil listrik lain di China sampai-sampai turut memberikan respons dengan menyaingi harga Tesla. Bersamaan dengan momen subsidi kendaraan listrik China yang dihapuskan.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 8 Januari 2023 Malas Gerak di RpRp1.032.000 per Gram, Ini Rincian Lengkapnya

Potongan harga ini juga terjadi berbarengan usai Beijing mengakhiri program subsidi pembelian kendaraan elektrik. Dan menurut China Merchant Banks International (CMBI), potongan harga ini bisa jadi usaha Tesla dalam menyiasati hilangnya subsidi tersebut.

“Tesla perlu memangkas harga lebih lanjut dan memperluas jaringan penjualannya di kota-kota tingkat rendah China di tengah model yang terus menua,” ujar analis dari CMBI, Shi Ji.

“Kami memperkirakan kapasitas produksi EV baru di China akan melampaui permintaan baru pada tahun 2023,” ucap Shi kembali, dilansir dari Reuters.

Halaman:

Editor: Ghazali Hasan

Sumber: Pikiran Rakyat Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x