Sistem PPDB Dinilai Bermasalah, Komisi III Tunggu Kadiknas Ternate Kembali dari Makasar

- 14 Juli 2023, 00:17 WIB
Belas ibu-ibu protes di Kantor Dinas Pendidikan Kota Ternate
Belas ibu-ibu protes di Kantor Dinas Pendidikan Kota Ternate /Im

SUARA TERNATE - Menindak lanjuti masalah penerimaan siswa baru yang terjadi di SMP N 1 Kota Ternate beberapa waktu lalu, DPDR Kota Ternate sampai saat ini masih menunggu kepulangan Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Kota Ternate, Muslim Gani yang sementara mengikuti kegiatan APEKSI di Makasar, Sulawesi Selatan.

Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlela Syarif mengatakan, terkait masalah tersebut, DPRD telah bertemu dengan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, bersama pihak SMP N 1 Kota Tenate pada Selasa, 11 Juli 2023 kemarin. Hanya saja yang bertanggung jawab secara penuh dalam hal ini adalah kepala dinasnya.

Politis Partai Nasdem Kota Ternate itu menerangkan, kedudukan persoalanganya terdapat pada sistem PPDB online itu sendiri. Beberapa peserta didik baru, yang mendaftar ke SMP N 1 Kota Ternate dinyatakan diterima melalui pengumuman aplikasi atau link PPDB. Sementara, nama mereka tidak ada dalam pengumuman sekolah yang dilakukan secara manual, hasil rekapan dari aplikasi.

Baca Juga: Belasan Ibu-ibu di Ternate Protes Anaknya Tidak Diterima dalam Penerimaan Siswa Baru

Hal itu yang membuat para orang tua peserta didik baru, yang terdiri dari kalangan ibu-ibu melakukan protes dan menyampaikan keluhan ke DPRD Kota Ternate pada Senin, 10 Juli 2023 kemarin.

Untuk itu, besok Jumat, 14 Juli 2023 direncanakan rapat Komisi III bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate untuk membahas masalah tersebut.

"Katanya besok, hari Jumat kita rapat dengan pak kadis. Tapi sejauh ini kita masih menunggu kepastian dari pimpinan komisi," ujar Nela sapaan akrabnya pada Kamis, 13 Juli 2023.

"Jadi nanti torang (Komisi III) rapat dulu dengan pak kadis, dan torang (Komisi III) akan cari tau siapa vendor aplikasi itu," ujar Nurlela mengakhiri.

Baca Juga: Dikeluhkan Ibu-ibu, Besok DPRD Kota Ternate Akan Memanggil Panitia PPDB

Halaman:

Editor: Asri Sikumbang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah