Seperti Ini Peta Persaingan E-Commerce di Tengah Akhir Tahun 2021

- 4 Februari 2022, 09:00 WIB
Hasil riset terbaru Ipsos Indonesia terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021
Hasil riset terbaru Ipsos Indonesia terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021 /Suara Ternate/

SUARA TERNATE - Hari belanja online nasional (Harbolnas) menjadi salah satu aspek signifikan yang menjadikan kuartal 4 tahun 2021 sebagai momentum bagi e-commerce untuk meningkatkan nilai saing dan memberikan penawaran terbaik bagi konsumen.

Ragam aspek mulai dari rangkaian promo yang ditawarkan hingga pilihan produk dari berbagai kategori favorit pengguna mengambil peran signifikan dalam memberikan nilai tambah serta memenuhi preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce. Berbagai penawaran dihadirkan oleh pemain e-commerce di Indonesia untuk produk-produk dari ragam kategori

Melihat pertumbuhan signifikan serta antusiasme masyarakat terhadap belanja online, khususnya di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, Ipsos, perusahaan riset pasar atau market research global, yang ada di Indonesia, merilis hasil riset terbaru terkait persaingan dalam industri e-commerce selama akhir tahun 2021.

Baca Juga: Serial Drama Terbaru Lee Se Young dan Lee Seung Gi Siap Rilis Agustus Mendatang

Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia. Andi Sukma menjelaskan, dalam survey ini pihaknya menggunakan 4 indikator.

“Yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelasnya.

Berdasarkan hasil survei, di antara tiga pemain utama e-commerce di Indonesia, Tokopedia, Shopee, dan Lazada, diketahui bahwa Shopee menduduki peringkat pertama pada empat penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

Baca Juga: Barcelona Pastikan Depak Dani Alves dari Skuad, Gantinya Aubemayang dan Adama Traore

Dari indicator BUMO, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%). Kemudian dari indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%). Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.

Halaman:

Editor: Purwanto Ngatmo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x