Kasus Covid-19 di Indonesia Berangsur Turun, Investasi Bergerak Naik

- 16 Oktober 2021, 18:04 WIB
Suahasil Nazara, kasus Covid-19 di Indonesia berangsur turun, investasi bergerak naik.
Suahasil Nazara, kasus Covid-19 di Indonesia berangsur turun, investasi bergerak naik. /Kemenkeu

SUARA TERNATE - Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) mengatakan, investasi yang sekarang mulai bergerak naik bakal menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV-2021.

"Penularan COVID-19 yang sudah mulai menurun di Indonesia membuat pemilik modal mulai berminat untuk berinvestasi," ungkap Suahasil, pada acara bincang bersama media di Jayapura, Sabtu 16 Oktober 2021.

Pergerakan investasi yang tinggi, menurutnya, juga mulai terlihat dalam data Purchasing Managers Index (PMI), September 2021, yang telah kembali berada di level ekspansi: 52,2. Meski sebelumnya sempat turun ke angka 43,7 pada Agustus 2021 karena meningkatnya kasus COVID-19.

Baca Juga: Menhub: Penting Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi

Penularan COVID-19 terutama varian Delta telah mulai terpantau menurun dalam September 2021 dan terus berlanjut sampai saat ini, hingga hal tersebut pun mendorong peningkatan mobilitas.

Dengan mulai membaiknya mobilitas tersebut, Suahasil beranggapan pergerakan ekonomi juga berangsur membaik dan mendorong pemulihan ekonomi di akhir tahun ini.

"Jadi kalau kita lihat risiko di triwulan-III yang sempat menghantui sudah terlewati," ujarnya.

Tak hanya perbaikan investasi. Ia menilai, belanja pemerintah juga dapat menjadi faktor pendorong perbaikan ekonomi di triwulan IV-2021. Hal ini dikarenakan pengeluaran pemerintah biasanya akan lebih dipacu pada akhir tahun.

Bahkan, tambahnya, peningkatan ekspor dan impor juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di triwulan akhir 2021, setelah sempat terjadi kelangkaan kontainer di masa pandemi.

Baca Juga: Riwayat Mereka yang Terjebak 'Pinjol' Ilegal, dari Jelata Hingga Selebritas

"Jadi ini titik-titik harapan kita di triwulan-IV, sehingga kita harus melewatinya dengan menjaga protokol kesehatan dan menjaga penularan pandemi, sehingga pertumbuhan yang kita harapkan bisa terjadi," kata Suahasil.***

Editor: Ahmad Zamzami


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah