Ini Alasan Dana Darurat jadi Pos Wajib yang Perlu Disiapkan Sejak Dini

- 11 November 2021, 12:38 WIB
Ilustrasi. Dana darurat perlu disiapkan sejak dini.
Ilustrasi. Dana darurat perlu disiapkan sejak dini. /ANTARA/

SUARA TERNATE - Kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat, khususnya pada masa pandemi COVID -19 saat ini jadi topik hangat untuk dibahas.

Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, hal ini tentu penting untuk diketahui buat kamu yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat.

Dana darurat merupakan alokasi uang yang digunakan untuk keperluan di saat keadaan genting yang tidak dapat diprediksi, baik disebabkan oleh bencana atau hal lain yang bisa menganggu arus kas dalam perencanaan keuangan kita.

Baca Juga: Persaingan Marketplace Kian Memanas, Ini Juara E-Commerce 2021 di Indonesia!

Dengan demikian, dana darurat merupakan salah satu pos wajib di dalam kehidupan kita, pasalnya dana darurat akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup selama mencari pekerjaan baru setelah terkena PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pasca kecelakaan, ataupun kondisi lainnya.

Nah, buat kamu yang belum atau hendak merencanakan dana darurat, ini lima alasan kenapa harus memiliki dana darurat sejak dini.

Apa saja alasannya? Yuk simak di bawah ini:

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak

Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja, misalnya pada saat pandemi seperti sekarang kebutuhan mendesak bisa jadi diperlukan untuk membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang.

Halaman:

Editor: Ghazali Hasan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah