Siap-Siap, Tarif Dasar Listrik, Pertalite hingga Gas Elpiji 3 Kg Bakal Naik

- 15 April 2022, 05:18 WIB
Pemerintah siap menaikkan harga BBM Pertalite, LPG 3 kg, dan tarif dasar listrik./Kabar-Priangan.com/Helma Apriyanti
Pemerintah siap menaikkan harga BBM Pertalite, LPG 3 kg, dan tarif dasar listrik./Kabar-Priangan.com/Helma Apriyanti /Kabar-Priangan.com/Helma Apriyanti/

SUARA TERNATE – Setelah menaikan harga Pertamax pada 1 April 2022 lalu, pemerintah dalam waktu dekat akan menaikan harga sejumlah komuditas energi.

Mulai dari tarif dasar listrik (TDL), BBM jens Pertalite, dan gas elpiji tabung 3 Kilogram. Kebijakan ini diungkapkan Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam Rapat Dengar Pendapatan (RDP) dengan Komisi VII DPR RI Rabu 13 April 2022

Arifin mengatakan, kenaikan TDL ini demi menghemat kompensasi dari APBN yang nilainya mencapai Rp 7 triliun hingga Rp 16 triliun.

Baca Juga: Disalurkan Pekan Depan, Segini Besar BLT Minyak Goreng dan Sembako yang Diterima 54.890 KPM di Maluku Utara

“Penyesuaian atau pengurangan penggunaan BBM dan tekanan APBN di sektor ketenagalistrikan, dalam jangka pendek rencana penerapan tariff adjustment 2022 ini untuk bisa dilakukan penghematan kompensasi Rp 7-Rp 16 triliun,” kata Arifin.

Selain itu, pihaknya juga melakukan efesiensi biaya pokok penyediaan listrik dan strategi primer PLN, serta optimalisasi pembangkit dengan bahan sumber domestik (PLTU dan PLT EBT)

Baca Juga: ASN hingga TNI-Polri Mandi Duit, Segera Cair THR dan Gaji ke-13 Plus Tukin 50 Persen

Dalam raat itu juga, Arifin pun memberikan sinyal kenaikan harga BBM jenis Pertalite menyusul lonjakan harga minyak mentah dunia.

Pemerintah akan melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi dengan tingkat keekonomian. Di mana harga BBM akan bergantung pada harga minyak dunia.

Halaman:

Editor: Purwanto Ngatmo

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x