Harga BBM Akan Melambung, Yuk Perbaiki Cara Berkendara Biar Motor Hemat Bahan Bakar

- 1 September 2022, 21:22 WIB
Ilustrasi SPBU
Ilustrasi SPBU /Arif Hidayah/Pikiran-Rakyat.com

SUARA TERNATE - Pemerintah diperkirakan akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar. Pilihan ini harus diambil seiring melonjaknya harga minyak mentah dunia akibat perang Rusia-Ukraina. Kondisi ini berimbas pada belanja subsidi energi yang bakal membengkak.

Ada beberapa cara untuk menekan konsumsi BBM bagi para pengemudi sepeda motor baik matic maupun manual. Dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa kebiasaan yang bisa kalian lakukan agar konsumsi BBM bisa lebih hemat.

1. Jangan keseringan panaskan motor

Bagi sebagian orang, sebelum berangkat kerja, aktivitas memanaskan sepeda motor menjadi kebiasaan. Padahal memanaskan sepeda motor saat hendak digunakan bukan sebuah kewajiban, utamanya bagi motor yang memiliki teknologi injeksi.

Bagi kamu yang memiliki motor dengan sistem teknologi injeksi, kamu sejatinya bisa langsung mengendarainya.

2. Jangan sering-sering gas-rem mendadak

Memacu kecepatan sepeda motor berpengaruh pada jumlah bahan bakar yang digunakan. Makin cepat berkendara, BBM yang digunakan juga semakin besar. Untuk itu, kamu perlu mengatur gas saat berkendara secara konstan. Jangan terlalu sering menaik-turunkan gas secara mendadak.

Baca Juga: Masih Jauh Dibawah Harga Keekonomian, Segini Harusnya Harga Pertamax

3. Rutin rawat mesin

Sepeda motor yang kamu gunakan perlu juga mendapat “relaksasi”. Usahakan setiap sebulan sekali untuk memeriksa kondisi mesin. Pastikan filter udara tetap bersih. Selain itu, ganti oli sesuai jarak yang telah digunakan.

Untuk sepeda motor yang menggunakan karborator, pastikan mengeceknya secara berkala. Pengapian yang bermasalah dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan BBM. Semakin baik kondisipengapian, semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

Halaman:

Editor: Ahmad Zamzami


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x