Gelar Festival GNPIP, BI Malut Gencarkan Ganti Makan Beras dengan Pangan Lokal

- 16 November 2023, 21:38 WIB
Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Utara, R Eko Adi Irianto
Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Utara, R Eko Adi Irianto /Asri /

SUARA TERNATE - Bank Perwakilan Indonesia (BI) Maluku Utara pekan depan bakal gelar, Festival Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Maluku Utara tahun 2023.

Fertival tersebut digelar dengan tema "Sinergi Mewujudkan Ketahanan Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Lokal" berlangsung di pelataran parkir Waterboom Ternate sejak 20-21 November 2023.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto, saat menggelar rapat media briefing di ruang rapat BI, Kamis 16 November 2023.

Baca Juga: Keteraediaan Stok Pangan di Ternate Dipastikan Aman Hingga Desember Mendatang

Menurut Eko, sebagai bentuk konsistensi dan mengakselerasi upaya pengendalian inflasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melaksanakan Festival GNPIP dengan harapan ketergantungan masyarakat dengan makan beras, bisa diganti dengan pangan lokal.

"Pelaksanaan GNPIP merupakan upaya pengendalian inflasi di wilayah Maluku Utara yang memiliki tingkat inflasi relatif tinggi sebesar 4,31% (Oktober 2023 yoy), serta sebagai Langkah strategis dalam menghadapi potensi peningkatan tekanan inflasi yang bersumber dari beras sebagai komoditas utama,"jelasnya.

Dijelaskan sehubungan dengan hal tersebut, pada tahun ini GNPIP memiliki tema utama yaitu untuk mempromosikan diversifikasi pangan.

Baca Juga: Demi Pemenuhan Pangan Ke Industri Tambang, Pemda Maluku Utara Bangun Akses Jalan Antar Kabupaten

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan kolaborasi pengendalian inflasi pangan provinsi Maluku Utara yang dilakukan dengan berbagai cara dari hulu ke hilir.

Halaman:

Editor: Asri Sikumbang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x