Marak Lowongan Kerja Palsu, Begini Tips untuk Menghindarinya

- 29 November 2022, 17:08 WIB
Lowongan Kerja Terbaru November 2022 dari Kemenlu untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2.
Lowongan Kerja Terbaru November 2022 dari Kemenlu untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2. /Unsplash Sebastian Herrmann/


SUARA TERNATE - Ekonomi Indonesia saat ini mulai pulih. Kondisi ini ditandai dengan banyaknya lowongan kerja.

Data dari Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa ada peningkatan sebesar 1,87 persen lowongan kerja baru pada tahun 2022 dibandingkan dengan 2021.

Meningkatnya jumlah lowongan kerja juga bisa mengakibatkan meningkatnya penipuan pekerjaan dan lowongan-lowongan palsu.

Managing Director Indonesia, JobStreet Varun Mehta menanggapi bahwa penipuan ini dapat terjadi karena banyak pihak tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nama besar dari sebuah perusahaan dengan tujuan menjebak orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.

Bahkan, kandidat terkadang diminta mengirimkan sejumlah uang sebagai jaminan untuk langsung diterima kerja. Biasanya, cara yang digunakan adalah menggunakan informasi palsu dari sebuah perusahaan besar atau menciptakan perusahaan fiktif.

“Secara psikologis, orang yang sangat terdesak mencari pekerjaan cenderung kurang fokus dalam memeriksa iklan lowongan, sehingga kurang teliti dan antisipatif terhadap modus penipuan yang mungkin terjadi," ucap Varun.

Baca Juga: Gojek Buka Lowongan Kerja untuk Berbagai Posisi, Simak Kualifikasi dan Cara Daftarnya

Varun menambahkan bahwa situasi ini lah yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum perusahaan palsu. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak terhadap psikologis pencari kerja yang jatuh ke lubang ini.

"Korban bisa putus asa dan kehilangan semangat untuk mencari lowongan kerja yang lain. Oleh karena itu para pencari kerja harus lebih berhati-hati saat menerima lowongan pekerjaan,” kata Varun.

Halaman:

Editor: Ghazali Hasan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x