Arab Saudi Temukan ‘Harta Karun’ Baru, Bisa Tarik Investasi Lebih Dari Rp8 Triliun

- 21 September 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas. /Freepik

SUARA TERNATE - Arab Saudi dikenal sebagai salah satu negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia. Namun, baru-baru ini, Arab Saudi telah mengumumkan penemuan ‘harta karun’ terbaru.

Arab Saudi menemukan situs baru untuk deposit bijih emas dan tembaga di wilayah Madinah.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa Saudi Geological Survey (SGS), yang diwakili oleh Pusat Survei dan Eksplorasi Mineral menyebut bahwa penemuan deposit emas berada dalam batas Aba Al-Raha di wilayah Madinah.

Baca Juga: Butuh Dana Tunai Cepat Tanpa Ribet? Simak Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian

SGS juga mengumumkan temuan bijih tembaga, yang terletak di empat lokasi di daerah Al-Madiq di wilayah yang sama.

Penemuan-penemuan baru ini diharapkan dapat menarik investasi lokal dan internasional, yang diperkirakan mencapai 533 juta dolar AS, atau setara Rp8 triliun. Dilaporkan Al Arabiya, tambang ini diperkirakan menghasilkan sekitar 4.000 pekerjaan. 

Situs ini penemuan terbaru tahun ini, yang akan membantu menumbuhkan sektor pertambangan kerajaan, sejalan dengan tujuan yang ditetapkan oleh Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang dimaksudkan untuk mengarahkan negara menuju ekonomi pasca-minyak yang terdiversifikasi.

Baca Juga: Butuh Dana Tunai Cepat Tanpa Ribet? Simak Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian

Pada bulan Juli, Menteri Industri dan Sumber Daya Mineral Saudi Khalid Al-Mudaifer mengatakan bahwa kerajaan itu menarik lebih dari 8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dalam modal asing langsung di industri pertambangannya tahun lalu, menyusul undang-undang yang memberikan insentif investasi di sektor ini.

Halaman:

Editor: Ghazali Hasan

Sumber: Middle East Monitor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x